Rangko Newsletter: First Edition

Rangko Newsletter: First Edition

Berkarya Melampaui Batas bersama “Satu Cinta”

Setelah kurang lebih 1 tahun ITB menetapkan kuliah daring mulai dari tanggal 16 Maret 2020, PSM-ITB senantiasa berusaha untuk menghidupkan semangat berpaduan suara meski berada di tengah-tengah pandemi. Berawal dari proyek-proyek daring yang mulai dilakukan sejak bulan Mei 2020, PSM-ITB mulai dengan giat merancang sebuah konser virtual.

Konser itu bernama “Satu Cinta”. Proses perencanaan konser virtual ini telah dimulai dari akhir tahun 2020. Segala proses perekrutan panitia serta penyanyi dilakukan secara daring. Timeline latihan pun telah siap dari bulan Desember 2020. Massa PSM-ITB 2020 merupakan target utama panitia sebagai penyanyi untuk konser ini. Konser ini bekerja sama dengan Sync Production dalam proses editing video dan audionya.

“Satu Cinta” merupakan sebuah frasa yang diadopsi dari salah satu judul lagu Glenn Fredly yang bertajuk “Pada Satu Cinta”. Nama ini dianggap dapat menggambarkan keseluruhan konser tanpa adanya arti filosofis tertentu namun cukup menarik bagi para penonton. Program yang dirancang pun disesuaikan dengan target audiens yang ingin dicapai, yaitu masyarakat umum tanpa batasan umur maupun genre. Maka dari itu, dipilihlah lagu-lagu pop yang mampu dinikmati masyarakat umum dengan tetap mempertahankan standar kualitas paduan suara yang dipegang teguh oleh PSM-ITB.

Konser Virtual “Satu Cinta” mampu mengumpulkan kurang lebih 11 ribu penonton pada minggu pertama video konser tersebut tayang pada kanal Youtube PSM-ITB. Panitia membuka pengumpulan donasi untuk mendukung keberjalanan konser. Donasi yang terkumpul mencapai angka Rp 30,575,46. Angka tersebut dapat dicapai oleh “Satu Cinta” karena dukungan serta bantuan alumni, massa, serta masyarakat umum yang menikmati penampilan yang dibawakan oleh PSM-ITB pada “Satu Cinta”. Selain itu, konser ini diliput oleh ITB.ac.id (pada tanggal 12 Juli 2021) dan Kompas.com (pada tanggal 13 Juli 2021). Ketua Pelaksana Konser Virtual “Satu Cinta”, Billy Hansel (Bass 1 – 2019) berharap bahwa konser ini dapat menjadi inspirasi bagi PSM-ITB kedepannya untuk terus berkarya meski berada di kondisi yang sulit. “​​Semoga PSM-ITB bisa menghasilkan konser-konser lainnya yang tentunya tidak kalah keren dengan paduan suara yang lain,” ujarnya.

/

Jalan-jalan Chimpz: Episode 1!

JJC atau Jalan-jalan Chimpz merupakan kegiatan yang selalu dinanti-nantikan oleh massa PSM-ITB. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah bagi para massa untuk melepas penat dan seru-seruan bareng bersama teman-teman PSM-ITB dari berbagai angkatan. Untuk JJC Perdana pada kepengurusan BP’Rangko’ 2021/2022, Divisi Rukun Anggota mengajak massa PSM-ITB untuk seru-seruan bareng bermain permainan Gartic dan Gartic Phone. JJC kali ini diadakan di Discord PSM-ITB (yang sudah di poles oleh Divisi Op-In!) dan berlangsung pada tanggal 27 Juni 2021 dari jam 19.30-21.00 WIB.

Pada permainan Gartic, dilakukan 2 ronde permainan. Pada permainan Gartic Phone, peserta dibagi ke dua voice channel dan masing-masing dari peserta JJC mengikuti serangkaian permainan Gartic Phone yang melibatkan kegiatan menggambar dan menebak. Seluruh hasil karya peserta JJC ditampilkan di voice channel utama. JJC perdana ini dihadiri oleh kurang lebih 25 orang dan tentunya hasil karya para peserta JJC mengundang gelak tawa dari seluruh peserta.

VisitIN bersama INFINITY!

Pada tanggal 3 Juli 2021, PSM-ITB dan INFINITY mengadakan pertemuan antar unit kegiatan mahasiswa. Masing-masing unit menyampaikan organogram dan program kerja mereka, serta bertukar cerita dan pandangan melalui sesi tanya jawab. 

Banyak kesamaan yang dapat ditemukan oleh PSM-ITB dan INIFINITY, yaitu hambatan dalam melakukan kegiatan latihan dan penampilan. Namun, kedua unit tetap berusaha untuk menjadi wadah berkembang bagi anggotanya dan melaksanakan kegiatan-kegiatan interaktif yang tentunya dilaksanakan secara daring. Di PSM-ITB, kita mengenal istilah ‘golongan suara’. Ternyata, INFINITY juga memiliki hal serupa, lho! Mereka menyediakan berbagai macam jenis tarian yang dapat dipelajari anggotanya.

Kegiatan kunjungan ini dilaksanakan di Zoom dan berlangsung dari pukul 19.15 WIB. Terdapat kurang lebih 40 massa PSM-ITB yang hadir pada kunjungan tersebut. Setelah acara utama selesai, terdapat sesi bermain bersama antar INFINITY dan PSM-ITB yang berlangsung sampai malam hari.

Artistic at a Glance: 2021 edition!

Setelah sukses mengadakan Artistic at a Glance (AAAG) tahun lalu, tahun ini Tim Artistik PSM-ITB kembali mengadakan kegiatan pelatihan dalam bentuk webinar. AAAG diadakan untuk membangun musikalitas anggota, terutama para calon anggota tim artistik sebelum diadakannya asesmen calon anggota tim artistik. Materi yang dibawakan dalam webinar-webinar AAAG mencerminkan bagian-bagian dari Tim Artistik PSM-ITB, yaitu Audio Editing (Tim Instrumen), Online Rehearsal (Tim Pelatihan), dan Choral Arrangement (Tim Partitur). 

“Mastering The Arts of Audio Editing” merupakan pelatihan audio editing yang dibawakan oleh Nicholas Rio dan diadakan dalam 2 sesi, yaitu pada tanggal 12 Juli 2021 dan 22 Juli 2021. Kak Rio menjelaskan tahap-tahap dalam audio editing serta menunjukkan demo audio editing menggunakan software REAPER. Para peserta AAAG diberikan kesempatan untuk mencoba mengedit lagu “Firasat”, dan pada pertemuan sesi 2, hasil edit beberapa peserta dibahas dan diberi feedback.

“Online Rehearsal: Technical and Artistic approach” merupakan pelatihan dalam hal pelatihan paduan suara secara daring yang dibawakan oleh Rainier Revireino atau lebih akrab disapa Kak Pepi. Kak Pepi menjelaskan kondisi-kondisi apa saja yang harus dihadapi oleh paduan suara di tengah-tengah pandemi seperti ini dan bagaimana kiat-kiat untuk menghadapi tantangan tersebut. Ia juga menjelaskan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melatih sebuah paduan suara secara daring. Terdapat juga sesi hands on pada akhir pelatihan. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2021.

“Shaping your story: Enhancing your Choral Arrangement” merupakan rangkaian pelatihan arranging yang dibawakan oleh Dimitrij Ray (PSM-ITB ‘11). Pelatihan ini dibagi dalam 2 sesi, yaitu pada tanggal 17 dan 24 Juli 2021. Kak Dimi menjelaskan kiat-kiat dalam membuat sebuah aransemen lagu. Ia menjelaskan bagaimana cara menuangkan ide-ide aransemen ke dalam bentuk partitur. Para peserta diberikan tugas untuk mengaransemen lagu “My Bonnie” dan hasil aransemen mereka dibahas pada sesi ke-2.

Semoga AAAG ini dapat membawa insight baru bagi para peserta dan tetap semangat bagi para calon anggota tim artistik yang sedang menjalani asesmen!

PSM-ITB

Akun resmi media komunikasi dan informasi PSM-ITB.

Leave a Reply

Close Menu